Sumber Cerita.co.id melaporkan peluncuran BMW R 1300 RT dan RS, penerus R 1300 GS dan GS Adventure yang telah dinanti. Kedua motor ini berbagi banyak komponen dan fitur, termasuk mesin Boxer 1300cc dua silinder horizontal yang revolusioner. Mesin ini, dengan dimensi lubang dan langkah 106,5 x 73mm, menghasilkan tenaga 143 hp pada 7.750 RPM dan torsi 149,2 Nm pada 6.500 RPM – yang terkuat dalam sejarah mesin Boxer BMW.
Perubahan signifikan terlihat pada rangka utama yang didesain ulang sepenuhnya menggunakan rangka baja lembaran baru, mirip dengan R 1300 R, dan rangka belakang aluminium cor. Namun, perbedaan kunci terletak pada suspensi depan. R 1300 RT dibekali Telelever Evo baru dari R 1300 GS, menawarkan isolasi stang yang lebih baik. Sementara itu, di bagian belakang, Evo Paralever memberikan koneksi yang lebih kuat melalui suspensi pada rangka, dilengkapi poros pelepas cepat pada lengan ayun. Penggunaan velg aluminium cor 17 inci baru dengan desain gril berlubang juga mengurangi bobot hingga 1,4 kg. Peluncuran ini menandai babak baru bagi lini motor sport touring BMW.


Related Post
Leave a Comment