Cerita.co.id – Telkomsel, operator seluler terkemuka di Indonesia, terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Kali ini, Telkomsel menggandeng teknologi kecerdasan buatan (AI) Hyper AI Telkomsel untuk mengoptimalkan operasional dan interaksi dengan pelanggan.
Baca Juga
Sejak tahun 2022, Telkomsel telah mengembangkan dan menerapkan Autonomous Network berbasis AI dan Machine Learning (ML) untuk jaringan dan layanan digital. Dengan Autonomous Network level tertinggi (3.57 dari 4), Telkomsel semakin cerdas dalam mengelola jaringan dan memberikan layanan yang lebih responsif.
Penerapan Hyper AI Telkomsel mencakup semua aspek, mulai dari pengelolaan jaringan hingga interaksi pelanggan. Telkomsel kini mampu mendeteksi kendala yang dialami pelanggan, menganalisis penyebabnya, dan mengambil langkah yang tepat untuk menyelesaikannya. Dengan kata lain, Hyper AI Telkomsel memungkinkan Telkomsel untuk "berpikir" dan "bertindak" secara otomatis, meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan.
"Kita namakan Telkomsel Hyper AI, karena AI di Telkomsel sudah mencakup semua interaksi, baik di sisi network, maupun ke interaksi pelanggan. Kemudian operation juga dilakukan dengan otomasi dari AI, dan sudah banyak pekerjaan manual sudah berpindah ke otomasi," ujar Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna.
Hyper AI Telkomsel diterapkan dalam Autonomous Network yang terdiri dari tiga pilar utama:
-
AI-Based Customer Experience (Artificial Intelligence Service Operation Center/AISOC): AISOC memastikan layanan berkualitas melalui pemantauan real-time dan optimalisasi performa jaringan secara berkelanjutan. Sistem ini mampu mendeteksi dan mengatasi masalah sebelum berdampak pada pelanggan, sehingga pengalaman pengguna tetap optimal.
-
AI-Based Network Operation (Artificial Intelligence Network Assurance Platform/AINAP): AINAP mendukung pengelolaan operasional jaringan Telkomsel selama 24/7, memastikan ketersediaan layanan tanpa henti. Teknologi ini mampu menganalisis kondisi jaringan secara otomatis, memperbaiki gangguan dengan cepat, dan meminimalkan potensi downtime, sehingga menjaga stabilitas jaringan.
-
AI-Based Network Planning (Artificial Intelligence Network Planning/AINEP): AINEP memungkinkan perencanaan kapasitas dan lokasi jaringan yang lebih akurat, berdasarkan data yang dihasilkan dari analisis pola penggunaan dan kebutuhan pelanggan secara keseluruhan di wilayah tertentu. Hyper AI Telkomsel telah mentransformasi teknik pemetaan jaringan, melengkapi kunjungan langsung oleh tim lapangan dengan AI Model Learning. Ini membantu Telkomsel dalam memperluas cakupan jaringan, mempertahankan kualitas pengalaman jaringan, hingga memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih efektif.
Dengan Hyper AI Telkomsel, Telkomsel semakin dekat dengan visi untuk memberikan layanan yang lebih cepat, efisien, dan personal bagi pelanggan.
Tinggalkan komentar