Sumber Cerita.co.id menyebutkan, pasar otomotif Indonesia diramaikan oleh mobil-mobil asal China. Bukan hanya meramaikan, mereka bahkan mendominasi! Data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-November 2024 menunjukkan hal mengejutkan.
Baca Juga
Dari 11 merek China yang bersaing, Wuling memimpin dengan penjualan wholesales 18.677 unit dan retail 22.288 unit. Prestasi ini menempatkan Wuling di jajaran 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia. BYD menyusul di posisi kedua dengan penjualan wholesales 13.866 unit dan retail 11.654 unit, membuktikan pendatang baru ini mampu bersaing ketat dengan merek-merek Jepang yang sudah mapan. Chery, pendatang baru lainnya, juga menunjukkan performa impresif dengan angka penjualan wholesales 7.742 unit dan retail 7.506 unit.
Sementara itu, DFSK, Neta, Tank, Haval, Baic, Ora, dan Aion mencatatkan penjualan yang lebih rendah, namun tetap berkontribusi terhadap peningkatan pangsa pasar mobil China di Indonesia. Rincian lengkap penjualan wholesales dan retail untuk masing-masing merek dapat dilihat pada tabel di bawah ini (data sebagian merek tidak lengkap):
Wholesales:
- Wuling: 18.677 unit
- BYD: 13.866 unit
- Chery: 7.742 unit
- DFSK: 811 unit
- Neta: 652 unit
- Tank: 603 unit
- Baic: 199 unit
- Haval: 97 unit
- Ora: Data tidak tersedia
- Aion: Data tidak tersedia
Retail:
- Wuling: 22.288 unit
- BYD: 11.654 unit
- Chery: 7.506 unit
- DFSK: 1.008 unit
- Tank: 585 unit
- Neta: 538 unit
- Baic: 121 unit
- Haval: 69 unit
- Ora: Data tidak tersedia
- Aion: Data tidak tersedia
Tren penjualan yang terus meningkat ini menunjukkan optimisme merek-merek mobil China untuk terus bersaing di pasar Indonesia, menawarkan pilihan yang lebih beragam dan harga yang kompetitif bagi konsumen.
Tinggalkan komentar