Android Dark Theme
Teknologi

Android Q, Seri Terbaru Android Dengan Dark Theme

Android Q menawarkan tema terbarunya yaitu Dark Theme yang dapat diaplikasikan pada sistem android dan aplikasi yang berjalan pada ponsel. Dark Theme sendiri akan memberikan penggunanya keuntungan, diantaranya adalah seperti dapat mengurangi penggunaan baterai dengan jumlah yang terbilang  tinggi tiap kali memakainya, selain itu juga dapat membantu meningkatkan pengelihatan bagi para penggunanya yang memiliki pengelihatan rendah dan yang sensitive terhadap cahaya yang terang, Dark Theme ini juga membuat orang orang dapat menggunakan ponselnya lebih mudah pada daerah yang memiliki tingkat sinar rendah.

Pada Android Q, ada 3 cara yang dapat anda lakukan, yang pertama adalah melalui sistem setting baru, yaitu melalui (setting, display, theme) yang nantinya anda dapat mengaktifkan mode Dark Theme. Cara baru yang lebih cepat untuk memasang Dark Theme ini adalah dari panel notifikasi setelah diaktifkan. Pada ponsel Pixel sendiri, pada saat anda mengaktifkan mode Hemat Baterai atau Battery Saver mode akan langsung mengaktifkan mode Dark Theme ini. Sedangkan ponsel lainnya yang menyediakan fitur Dark Theme ini belum dipastikan.

Menjalankan Mode Dark Theme Melalui Aplikasi

Untuk dapat menjalankan Dark Theme pada aplikasi, anda harus menyetel aplikasi (biasanya ditemukan di res/values/styles.xml) untuk dapat menyetel DayNight Theme :

<style name=”AppTheme” parent=”Theme.MateriaComponents.DayNight

Anda juga bisa mengaktifkan Dark Theme dengan cara :

<style name=”AppTheme” parent=”Theme.MaterialComponents.DayNight”>

Penyetelan tersebut akan mengikat Theme utama aplikasi ke night mode yang diatur oleh sistem dan memberikan aplikasi default atau dasar sebagai Dark Theme (saat diaktifkan)

Android Dark Theme

Mengganti Theme Pada Aplikasi

Jika nada ingin mengganti Theme aplikasi, anda dapat menggantinya pada saat aplikasi sedang berjaan. Aplikasi dapat memungkinkan para pemakainya untuk menggati Theme pada ponsel anda. Ketika aplikasi Theme berjalan pada ponsel anda yang memiliki seri Android 9 atau pendahulunya, beberapa Theme yang kami rekomendasikan yang bisa anda pilih antara lain adalah :

  1. Light
  2. Dark
  3. Default Sistem

Harus dicatat jika para pengguna memilih tema Light, maka mode Battery Saver tidak akan berpengaruh pada setting. Setiap opsi yang disediakan akan langsung mengarahkan ke salah satu mode AppCompat.DayNight berikut :

  1. Light – MODE_NIGHT_NO
  2. Dark – MODE_NIGHT_YES
  3. Set by Battery Saver – MODE_NIGHT_AUTO_BATTERY
  4. System Default – MODE_NIGHT_FOLLOW_SYSTEM

Related posts

Google Memberikan Sertifikat Khusus Ponsel Gaming

Rizki Amrulah

Huawei Nova 5z Telah Resmi Dirilis

Rizki Amrulah

Kamera 108MP Xiaomi Mi Note 10

Rizki Amrulah

Resolusi Layar Duo Galaxy Tab S7

Melda Ridayana

Mengapa Orang2 Semakin Malas Beli iPhone Baru ?

Rizki Amrulah

Transjakarta Uji Coba 2 Bus Listrik

Rizki Amrulah

Leave a Comment