Hama Wereng Menurunkan Hasil Panen Padi
Ekonomi dan Bisnis

Hama Wereng Menurunkan Hasil Panen Padi

Hama Wereng Menurunkan Hasil Panen Padi Sejak Juli 2020

Puluhan hektar sawah dipenuhi hama wereng menurunkan hasil panen padi yang terdapat pada daerah Jombang di Jawa Timur. Diketahui serangan wereng tersebut yang menggangu hasil panen telah terjadi sejak bulan Juli 2020.

Serangan hama wereng tersebut setidaknya telah menyerang sekitar 36 hektar persawahan yang telah tersebar pada beberapa kecamatan. Hal tersebut telah didapatkan dari adanya hasil inventarisasi atas Dinas Pertanian pada Kabupaten Jombang.

Dirinya menjelaskan jika sejak bulan Juli telah terjadi serangan hama wereng secara merata pada Kabupaten Jombang. Dan untuk level serangan yang terjadi itu masih bisa dikendalikan pada saat itu.

Akan tetapi setelah memasuki bulan Agustus, serangan wereng yang masih ada ini bisa dirasakan semakin mengganas 2 minggu terakhir.

Hama Wereng Menurunkan Hasil Panen Padi

Laporan Serangan Hama Wereng Tertinggi Pada Kecamatan Megaluh, Peterongan, Tembelang

Berdasarkan data yang ada, Endah mengatakan jika laporan kasus atas hama wereng ini yang paling tinggi adalah dari kecamatan Megaluh, Peterongan serta Tembelang.

Menurut Endah, serangan hama wereng yang terjadi atas penanaman padi saat ini ada di level ringan sampai sedang.

Endah mengatakan “Banyak laporan datang dari Kecamatan Megaluh, Peterongan dan Tembelang juga ada”.

Sejak awal tahun sampai dengan April lalu, serangan hama yang sama juga sudah pernah terjadi dari tingkat rendah sampai parah.

Endah menuturkan jika setidaknya terdapat 2.2 hektar lahan padi pada musim tanam kemarau sebelumnya mengalami gagal panen.

Hama Wereng Menurunkan Hasil Panen Padi

Walaupun Terkena Hama Wereng, Diharapkan Bisa Panen Padi 5.8 Ton 1 Hektar

Endah juga turut menyatakan jika serangan hama wereng yang terjadi sejak masa pembuahan sampai mendekati panen akan berdampak terhadap hasil panen.

“Target yang kami incar adalah panen padi per hektarnya adalah 6.3 sampai dengan 6.4 ton. Akan tetapi karena ada hama wereng, mudah mudahan masih bisa memberikan hasil baik. Paling tidak bisa mencapai 5.8 ton per hektarnya”, sambung Endah.

Saat musim kemarau ini, sudah sekitar 3000 hektar di pertanian Jombang telah ditanami padi dari 48000 hektar yang tersedia.

Untuk pengendalian hama yang telah melanda sekitar 38 hektar lahan padi, Dinas Pertanian sudah menyalurkan obat pengendalian hama dan menerjunkan Petugas Penyuluh Pertanian.

Related posts

MRT Jakarta Memperoleh Pendapatan Rp50,4 Miliar

Rizki Amrulah

Logam Mulia Antam Dijual Lebih Murah

Rizki Amrulah

Kereta Istimewa Jalur JKT-BDG Dan JKT-SMG

Rizki Amrulah

Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK, Pemprov DKI mendatangkan 60 Ahli Asal Jerman

Rizki Amrulah

3 Hari Harga Minyak Mentah Turun

Rizki Amrulah

DPR Usulkan Gaji TNI Naik, Sri Mulyani Masih ‘Pikir-pikir’

Melda Ridayana

Leave a Comment