Herd Immunity Menurut WHO Sulit Dicapai
International News

Herd Immunity Menurut WHO Sulit Dicapai

Herd Immunity Menurut WHO Sulit Dicapai Karena Harus Terdapat Paling Tidak 50% Populasi Kebal Corona

Herd immunity menurut WHO sulit dicapai sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran dari virus covid 19.

Menurut laporan yang paling baru, kekebalan dari sebuah kelompok dapat tercapai apabila terdapat 50% yang kebal terhadap virus corona. Entah hal tersebut melalui paparan ataupun vaksin agar penularannya berkurang.

Hal tersebut sangat disambut baik, karena pada perkiraan yang sebelumnya sampai dengan 70% membutuhkan sebuah kekebalan tubuh sebelum herd immunity tercapai.

Akan tetapi sayangnya perkiraan tersebut tidak relevan untuk dapat memerangi virus corona. Hal tersebut disampaikan langsung oleh seorang pejabat dari organisasi WHO pada konferensi pers yang diadakan hari Senin.

Dr. Mike Ryan selaku direktur eksekutif pada Program Kedaruratan Kesehatan WHO menyatakan “Pada saat ini, sebagai planet dengan populasi global, kita jauh dari tingkat kekebalan untuk menghentikan corona virus”.

“Kita perlu memfokuskan kepada yang dapat dilakukan untuk menekan penularan serta tidak berharap jika herd immunity dapat menolong kita”.

Herd Immunity Menurut WHO Sulit Dicapai

Herd Immunity Menurut WHO Sulit Dicapai Karena Para Ahli Tidak Mengetahui Seberapa Kuat Antibody Masyarakat

Memang salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perlindungan dengan terpapar virus yang dapat membuat diri kita mengembangkan antibodi. Walaupun para ahli mengetahuinya, mereka tidak mengetahui seberapa kuatkah respon dari kekebalan tubuh masyarakat terhadap virus. Kemudian ahli juga tidak dapat mengetahui berapa lama kekebalan dapat bertahan, serta apakah response dari setiap orang berbeda beda atau tidak.

Jikalau keberadaan dari antibodi virus corona melindungi kita dari virus corona, maka penelitian menyatakan jika sekitar 10% populasi saja yang bisa memiliki antibodi tersebut.

Ahli dari epidemiologi penyakit yang menular, Maria Van Kerkhove seorang kepala teknik covid 19 WHO menyatakan kalau sebagian populasi rentan atas infeksi virus dan berpeluang menyebarkannya.

Herd Immunity Menurut WHO Sulit Dicapai

Pihak WHO Belum Menemukan Vaksin Yang Aman Dan Efektif

Cara lainnya yang dapat melindungi kita dari virus adalah dengan mendapatkan sebuah vaksin. Namun pihak WHO menyatakan jika saat ini belum terdapat vaksin yang aman serta efektif.

Hal tersebut artinya membangun sebuah kekebalan kelompok dari vaksinasi membutuhkan banyak orang dari pada persentase tingkat populasi untuk mengalahkan virus.

Menurut Dr. Ryan, menunggu sampai tingkat kekebalan sebuah kelompok tercapai, hal tersebut bukanlah solusi untuk mengakhiri pandemi.

Related posts

Murid Terbangkan Pesawat Pertama Kali Saat Instruktur Pingsan

Rizki Amrulah

Massa Demo Kasus Floyd di Balai Kota New York

Rizki Amrulah

Deutsche Bank Akan PHK 18.000 Karyawannya

Rizki Amrulah

Topan Hagibis Datang, Layanan Wifi Gratis Dari Jepang

Rizki Amrulah

Polisi: Mayat yang ditemukan di dalam koper di Kuala Lumpur kemungkinan besar adalah orang asing

Rizki Amrulah

Digigit Hiu. Wisatawam Kehilangan Kedua Tangannnya

Melda Ridayana

Leave a Comment