Jokowi Pilih Baju Adat TTS Saat Upacara
Nasional

Jokowi Pilih Baju Adat TTS Saat Upacara

Jokowi Pilih Baju Adat TTS Saat Upacara Saat HUT RI ke 75

Egusem Pieter Tahun selaku Bupati dari Timor Tengah Selatan mengaku jika sangat bangga saat Jokowi pilih baju adat TTS saat upacara. Hal tersebut menurutnya menjadi sebuah moment yang bersejarah untuk masyarakat TTS.

Bupati TTS yang kerap kali disapa Epy mengatakan “Ini sebuah sejarah untuk kami karena perayaan bertepatan dengan HUT RI ke 75”.

Dirinya juga mengatakan jika sangat bangga serta tidak lupa berterima kasih terhadap Presiden Jokowi.

Jokowi Pilih Baju Adat TTS Saat Upacara

Jokowi Pilih Baju Adat TTS Saat Upacara Membuat Bupati TTS Bangga

Kata Epy pada saat dijumpai Senin siang mengatakan “Pakaian adat tersebut adalah pakaian dari wilayah Amanatun Selatan. Terima kasih Bapak Presiden sudah mau menggunakan pakaian adat kami. Kami sangat bangga sekali”.

Epy juga menyebutkan jika pakaian adat tersebut biasanya dikenakan oleh seluruh masyarakat saat sedang terdapat kegiatan adat atau yang lainnya. Pada kesempatan tersebut, Epy juga berterima kasih kepada istri dari Gubernur NTT Ibu Julie Sutris Laiskodat, yang telah menyediakan pakaian adat dari TTS.

Jokowi Pilih Baju Adat TTS Saat Upacara

Arti Dari Pakaian Adat TTS Yang Dikenakan Jokowi Saat Upcara HUT RI Ke 75

Pada saat pengibaran bendera untuk memperingati hari kemerdekaan yang ke 75 Republik Indonesia pada Istana Kepresidenan, Presiden Jokowi saat itu mengenakan pakaian adat dari TTS.

Baju ini memiliki sebuah motif yang berantai nunkolo. Motif tersebut sudah dimodifikasi mulai dari bentuknya belah ketupat serta terdapat batang tengah yang dapat diartikan sumber air. Pada bagian pinggirnya sendiri terdapat sebuah gambar yang bergerigi yang melambangkan wilayah berbukit dan berkelok kelok.

Pakaian adat TTS yang dikenakan Presiden Jokowi juga punya warna merah yang melambangkan sebuah keberanian laki laki nunkolo. Kemudian dibagian kepala terdapat ikat kepala yang berbentuk 2 buah tanduk kecil. Hal tersebut dapat diartikan sebagai raja yang melindungi rakyatnya.

Ikat pada bagian kepala sebagai penutup yang digunakan sebagai pelindung menjadi sebuah tanda kebesaran dari raja selayaknya Mahkota.

Related posts

Kata Siapa Hotman Paris Bau Pesing ? Silva Memberikan Bukti !

Rizki Amrulah

Tidak Pakai Masker Denda 250rb Di Pekanbaru

Melda Ridayana

Polisi Direpotkan oleh Akun Anak Sebut Ibu Idiot

Rizki Amrulah

Penyebab Banjir di Jakarta Menurut Basuki

Melda Ridayana

Pemprov DKI Tunda Pemasangan Masker Jenderal Sudirman

Melda Ridayana

Rumah di Dekat Stasiun Taman Kota Jakbar Terbakar

Melda Ridayana

Leave a Comment