Ahok Menolak Mengungsi Saat Aksi 411
Nasional

Ahok Menolak Mengungsi Saat Aksi 411

Ahok Menolak Mengungsi Saat Aksi 411 Diceritakan Pada Akun Youtubenya

Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok menolak mengungsi saat aksi 411. Mantan gubernur DKI Jakarta menceritakan peristiwa pada 4 November 2016 silam pada akun youtube miliknya.

Pada dialog berudari 12 menit dalam acara Makna Talks, Ahok memulai ceritanya dengan apa yang dirinya rasakan pada suasana aksi masa tersebut.

Ahok tidak menjelaskan secara langsung jika dirinya tidak takut atas peristiwa yang terjadi 4 tahun yang lalu. Akan tetapi dirinya menyampaikan jika dirinya masih dapat istirahat dengan nyenyak saat tersebut.

Ahok Menolak Mengungsi Saat Aksi 411

Ahok Menolak Mengungsi Saat Aksi 411 Karena Tidak Takut

“Kalau aku bilang saya gak takut, nanti anda bilang kalau saya sombong. Tapi kalau saya mau bilang kalau saya bisa tidur nyenyak”, sebut Ahok dari pada akun youtube miliknya pada hari Minggu 6 Agustus.

Dirinya juga tidak lupa menceritakan jika pihak kepolisian meminta dirinya agar dapat mengungsi kepada sebuah pulau kosong. Akan tetapi permintaan tersebut ditolaknya. Menurutnya, dirinya akan lebih aman daripada jika dibawa terbang ke sebuah lokasi yang tidak dikenal, dimana dapat terjadi sesuatu kepadanya, dan jika terjadi, tidak akan ada orang yang dapat mengetahuinya.

Ahok mengatakan “Dia bilang sama saya kalau mereka bisa serbu ke rumah, nah, itukan tugas kamu buat jaga didepan rumah, kalau kamu takut, tinggalin aja. Saya lebih bagus mati dirumah satu keluarga”.

Menurutnya, jikalau memang ada yang ingin berbuat jahat pada kala itu, paling tidak akan terdapat berita yang tersebar.

Ahok Menolak Mengungsi Saat Aksi 411

Aksi 411 Diawali Dengan Demonstrasi Di Jalan Merdeka Barat

Aksi 411 ini sendiri adalah reaksi dari banyak organisasi masyarakat yang tidak terima akan pernyataan Ahok pada Kepulauan Seribu pada 4 tahun silam. Pernyataan tersebut akhirnya menyeret Ahok menjadi seorang tersangka dan terpidana atas kasus penistaan agama.

Aksi 411 ini mulanya berlangsung damai. Akan tetapi menjadi sebuah kerusuhan. Kabid dari Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono menjelaskan jika pada kala tersebut massa sudah berkumpul didepan istana. Tepatnya pada jalan Medan Merdeka Barat yang tepatnya pada pukul 11.00.

Awi menjelaskan jika masyarakat melakukan orasi setelah berkumpul. Dan pada sekitar pukul 13.50, sekelompok masyarakat mulai melempari botol air kepada petugas.

Pada pukul 14.42, Awi menjelaskan kalau sudah ada sekelompok massa yang mulai menarik pagar kawat. Saat itu polisi tidak dapat melakukan perlawanan, namun secara bersama sama membaca Asmaul Husna agar demonstran tetap tenang.

Setelah itu, aksi menjadi kondusif. Akan tetapi sayangnya, kerusuhan tetap terjadi sekitar 18.14 dimana massa mencoba menerobos barikade.

Related posts

Ini Giliran Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi di Istana

Rizki Amrulah

Plat Nomor Khusus Bagi Kendaraan Listrik

Rizki Amrulah

Jalan Kawasan Sudirman-Thamrim Ditutup Karena Penyemprotan Disinfektan

Rizki Amrulah

Tidak Dapat Membagi Sembarangan, Langka Tabung Oksigen

Rizki Amrulah

Wakil Jaksa Agung Tewas Terbakar Dalam Mobil Nissan GTR

Melda Ridayana

Membahas Lapangan Kerja Sandiaga Singgung Rencana Jokowi

Rizki Amrulah

Leave a Comment