serangan
International News

26 Orang Tewas Dalam Serangan di Hotel Somalia

Pada hari Jumat (12/7) kemarin sedikitnya ada 26 orang termasuk warga negara asing, terbunuh dalam insiden bom bunuh diri dan sebuah serangan yang terjadi di sebuah hotel, di Somalia Selatan. Selain itu, insiden yang diklaim dilakukan oleh militan Al-Shabaab telah menyebabkan sebanyak 56 orang mengalami luka-luka.

Ahmed Mohamad Islam, Presiden daerah semi otonom Jubaland mengatakan bahwa korban terbunuh ada 3 orang warga negara Kenya, 2 orang warga AS, 1 warga Kanada, 1 warga Inggris dan 3 warga Tanzania.

“Ada juga dua warga negara China yang terluka,” kata Ahmed, seperti yang dilansir AFP, pada hari Sabtu (13/7).

Insiden yang terjadi pada hari Jumat (12/7) tersebut dilakukan dengan cara menbrakan sebuah kendaraan ke hotel yang berisikan berbagai bahan peledak, di kota pelabuhan Kismayo. Ia melanjutkan, kemudian dilaporkan sejumlah orang dengan senjata memaksa masuk ke dalam hotel sambil menembakan senjata.

Dilaporkan, proses pengepungan selesai pada hari Sabtu pagi,waktu setempat, setelah 12 jam terjadi bentrokan dengan pihak aparat keamanan. Hussein Muktar, seorang saksi menuturkan, “Terdapat kaos di dalam [hotel], saya melihat sejumlah tubuh mayat yang dibawa dari sana dan orang berusaha melarikan diri dari dekat bangunan itu”.

“Ledakannya sangat besar,” sambungnya.

Sementara itu, para saksi menuturkan mayoritas korban adalah aktivis media sosial yang terkenal dan wartawan lokal. Otoritas keamanan Mohamed Abdiweli menuturkan bahwa pihak aparat keamanan sudah bisa mengontrol keadaan saat ini.

“Teroris terakhir telah tertembak dan terbunuh,” tuturnya. Al Shabaab,┬ákelompok teroris berafiliasi dengan Al Qaeda ini mengklaim bahwa mereka bertanggung jawab atas pengepungan itu. Mereka menyebut insiden tersebut sebagai serangan jihad.

 

Related posts

Aksi Demo Berdarah di Irak 31 Orang Tewas Ribuan Luka

Rizki Amrulah

Cristiano Ronaldo Meminta Selamatkan Hutan Amazon

Melda Ridayana

Pria Tertua di Jerman Wafat Pada Usia 114 Tahun

Rizki Amrulah

Topan Hagibis Dampak dan Fenomena

Rizki Amrulah

Kekurangan Alat Medis Tangani Pasien Corona, Dokter di AS Takut

Rizki Amrulah

Pembeli iPhone 11 Antri 30 Jam

Rizki Amrulah

Leave a Comment