Setelah Dilantik Presiden Jokowi Mengunjungi Papua
Nasional

Setelah Dilantik Presiden Jokowi Mengunjungi Papua

Memprioritaskan Papua Dan Kawasan Timur, Setelah Dilantik Presiden Jokowi Langsung Mengunjungi Papua

Baru saja dilantik untuk menjadi Presiden Indonesia pada periode keduanya, Jokowi mengunjungi Papua selaku kunjungan kerja pertamanya setelah dilantik.

Pengamat LIPI berpendapat jika hal ini akan sangat sia sia jika tidak menyentuh soal kekerasan atau pelanggaran HAM yang terjadi di Papua. Ali Mochtar Ngabalin selaku Tenaga Ahli Utama mengatakan jika Papua dipilih Jokowi karena memang Indonesia kawasan Timur adalah prioritasnya.

Pada saat diwawancarai hari Minggu 27 Oktober, Ngabalin mengatakan “Yang paling penting adalah Presiden Jokowi dan Ibu Iriana disambut dengan antusias. Mereka disambut oleh ribuan warga dari 10 kecamatan”.

Setelah Dilantik Presiden Jokowi Mengunjungi Papua

Dalam Kunjungan Kali Ini Presiden Jokowi Memeriksa Infrastruktur Yang Berjalan Serta Mengunjungi Kota Wamena

Pada kunjungan kali ini, Jokowi disertai dengan Menteri Perhubungan, Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Menteri Dalam Negeri, serta pejabat lain. Jika melihat pada agenda kepresidenan, Jokowi kali ini akan mengecek infrastruktur dari akses jalan Pegunungan Arfak hingga Manokwari serta Bandara.

Dalam hal tersebut Ngabalin mengatakan jika jalanan tersebut nantinya dapat memudahkan transportasi orang, barang, dan juga hasil pertanian. Akan tetapi Presiden berharap jika pembangunan jalan dapat mendongkrak wisata ke Pegunungan Arfak.

Proyek lainnya yang akan disaksikan oleh Jokowi adalah Jembatan Holtekamp pada Jayapura. Jembatan yang satu ini telah menelan setidaknya 1.3 Triliun rupiah. Jembatan ini telah dirancang sejak jaman mantan Presiden Soeharto tapi baru rampung sekarang. Karena itu sangat penting untuk diresmikan hari Senin 28 Oktober.

Kemudian Presiden akan meninjau kota Wamena yang sempat ada kerusuhan dan demo. Untuk kasus itu, Presiden tentunya tidak akan alpha. Karena jauh hari, Presiden telah memerintahkan Polri untuk menangkap pelaku serta otak kerusuhan. Jadi Presiden tidak akan lupa karena hal tersebut menyangkut nyawa.

Setelah Dilantik Presiden Jokowi Mengunjungi Papua

Presiden Masih Belum Menyentuh Soal Kekerasan Dan Pelanggaran HAM Di Papua

Tim Peneliti dari LIPI, Adriana Elisabeth menyatakan jika kunjungan Presiden hanya ingin memperlihatkan jika Papua menjadi prioritas. Hal ini juga terlihat dengan cara Jokowi memasukan 2 orang Papua dalam kabinet.

Akan tetapi Adriana berkali kali menyatakan jika kunjungan Presiden masih belum menyentuh persoalan utama, yaitu kekerasan serta pelanggaran HAM. Hal ini dikarenakan persoalan itu tidak akan rampung hanya dengan adanya pembangunan infrastruktur saja. Jadi sudah semestinya jika Jokowi mengubah pendekatan dan melakukan pembangunan manusia.

Related posts

Kecelakaan Akibat Sopir Mengantuk di KM 65 Tol Cikampek

Rizki Amrulah

Jokowi Mau Menteri Tidak Menyempal dari Menko

Rizki Amrulah

Acara Pernikahan di Bubarkan Polisi Karena Kasus Corona

Melda Ridayana

Sopir dan Penumpang Terjepit Dalam Kecelakaan Mobil di Kulon Progo

Melda Ridayana

Terciduk 3 Pelaku Gay Melakukan Pemerasan

Rizki Amrulah

Tol Cijago Seksi II Beroperasi Bulan Ini

Rizki Amrulah

Leave a Comment