fake
Teknologi

Aplikasi Palsu Samsung Telah Diunduh 10 Juta Pengguna

Aplikasi palsu “Updates for Samsung” telah diinstal oleh 10 juta lebih pengguna ponsel Samsung di Google Play Store. Aplikasi tersebut dikabarkan memberikan pembaruan firmware Samsung.

Alih-alih menawarkan pembaruan Firmware, ternyata aplikasi itu setelah diunduh dan dijalankan akanmengarahkan para penggunanya ke situs yang berisi iklan dan meminta para penggunanya untuk membayar saat ingin melakukan pembaruan tersebut. Untungnya dalam aplikasi tersebut tak ada Malware berbahaya yang disisipkan.

“Saya telah menghubungi pihak Google Play Store dan meminta mereka untuk mempertimbangkan mengganti aplikasi tersebut,” ujar Aleksejs Kuprins, analis malware dari Grup Keamanan CSIS dalam wawancara kepada ZDnet.

Aplikasi tersebut ingin mengambil keuntunganm sebab sulitnya mendapatkan pembaruan sistem operasi untuk ponsel Samsung dan juga firmware. Kuprins telah memprediksi bahwa aplikasi ini banyak yang mengunduh lantaran sulitnya dan kebingungan dengan proedur pembaruan pada ponsel itu.

“Para pengguna mungkin merasa kebingungan dengan prosedur pembaruan. Sehingga para pengguna membuat kesalahan dengan cara mengunduh pembaruan sistem di toko aplikasi resmi.”

Pada isi penjelasannya, Update fir Samsung tersebut menawarkan kemudahan dalam menyelesaikan pembaruan hanya dengan mengunduh aplikasi itu.

Namun Kuprins menerangkan bahwa aplikasi tersebut adalah palsu dan hanya penipuan semata. Sebab aplikasi tersebut bukan resmi dirilis oleh Samsung. Pada kolom komentar aplikasi, ada ratusan komentar negatif dan keluhan bahwa mereka tak menemukan apa yang mereka inginkan setelah mengunduh aplikasi itu. Ada juga yang berkomentar bahwa aplikasi tersebut tak bekerja setelah diunduh.

Pada saat aplikasi itu bisa digunakan, maka akan menampilkan file pembaruan firmware Samsung asli yang dapat dipilih secara gratis atau dengan berbayar. Namun pada saat kode sumbernya ditelusuri lebih dalam, Kuprins menemukan bahwa aplikasi tersebut mencekik kecepatan internet hingga 56 KBps. Selain itu pada pilihan unduhan firmware gratis yang telah tersedia, biasanya akan berakhir dengan pesan time out.

Dalam pernyataannya kepada Forbes, pembuat aplikasi ini, Updato menyebut aplikasi ini mereka buat untuk komunitas yang gemar melakukan modifikasi dengan ponsel mereka.

Database di aplikasi “Update for Samsung” yang dibuat Updato memudahkan “mereka untuk menemukan firmware yang tersebar di berbagai lokasi dari berbagai versi, untuk berbagai perangkat. Sehingga membantu menghemat berjam-jam waktu para pemodifikasi untuk menemukan pencarian file-file tersebut.

 

Related posts

Google Pixel 4 Sudah Resmi Meluncur

Rizki Amrulah

Telkom Akan Menjadikan Bukittinggi Smart City

Rizki Amrulah

Microsoft Meluncurkan Tablet Surface Pro X

Rizki Amrulah

Ponsel Pertama Yang Menggunakan Snapdragon 865

Rizki Amrulah

Mobil Listrik Porsche Pertama Akan Membuat Pikiran Ahli Kendaraan Listrik Meleleh

Rizki Amrulah

Samsung Galaxy Book S Yang Dilengkapi Dengan Snapdragon 855 Menjalankan Windows

Rizki Amrulah

Leave a Comment