trump
International News

The Fed Ditekan oleh Trump Untuk Menurunkan Bunga Acuan

Donald Trump, Presiden Amerika Serikat (AS) memberikan tekanan kembali terhadap jajaran The Federal Reserve, Bank sentral AS untuk segera melakukan penurunan terhadap tingkat suku bunga acuan. Ini adalah tekanan yang dilakukan oleh Trump untuk yag kesekian kalinya supaya kebijakan moneter yang diterapkan oleh The Fed dapat mendorong perkembangan ekonomi AS.

Ia berpendapat bahwa The Fed segera menurunkan tingkat bunga acuan di bulan Agustus. Sehingga, AS memiliki harapan untuk menikmati pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi lagi. “Jika kami memiliki The Fed yang mau menurunkan suku bunga, maka perekonomian kami akan seperti kapal roket,” kata Trump, seperti yang dikutip dari AFP, pada hari Sabtu (6/7).

Walaupun Trump terus memberikan tekanan tersebut, namun pihak lembaga yang dipimpin oleh Jerome Powell tak menuruti keinginan Trump itu. “Tetapi kami tak memiliki The Fed yang tahu apa yang sedang mereka lakukan saat ini.” celetuknya.

Trump merasa yakin jika tekanan yang dilakukannya kali ini dapat menurunkan tingkat suku bunga acuan The Fed agar dapat mendongkrak perekonomian AS, sebab data makro juga telah mendukung. Seperti, Departemen Tenaga Kerja AS telah mencatat pendirian lapangan kerja di AS terus mengalami peningkatan.

Data tersebut juga menunjukan terdapat penambahan sebanyak 224 ribu lapangan kerja di bulan Juni 2019 ini. Angka tersebut diklaim lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Hal ini benar-benar sangat baik dan negara kami terus melakukannya dengan sangat baik. Kami akan memecahkan rekor,” ujarnya.

Th Fed diharapkan dapat mendukung pemerintah dalam melakukan akselerasi dalam pertumbuhan ekonomi. Apalagi bunga acuan bank sentral AS telah naik sebanyak 9 kali dalam kurun waktu 2015 hingga 2019.

Meskipun begitu, berulang kali tekanan yang diberikan oleh Trump ditepis oleh Powell. Ia menuturkan bahwa The Fed adalah lembaga independen, maka suku bunga acuan yang mereka berikan tak dapat diintervensi oleh pihak manapun termasuk Trump.

Sedangkan untuk Indonesia sendiri, kebijakan suku bunga acuan The Fed dalam penurunan dan kenaikan mempengaruhi kebijakan Bank Indonesia (BI). Karena bank sentral nasional harus melakukanjaga jarak imbal hasil antara surat utang AS dengan pemerintah Indonesia.

 

Related posts

Indonesia Melepaskan Kapal dan Awak Kapal Taiwan

Rizki Amrulah

Mencapai 15 Ribu Kasus Terinfeksinya Corona

Rizki Amrulah

Listrik Kembali Nyala, Warga New York Bersorak

Melda Ridayana

Gempa Kembali Guncang California dengan Magnitudo 7.4

Melda Ridayana

Presiden AS Batasi Kontak dengan Wapres Serta Jubir Usai Terbukti Positif Corona

Rizki Amrulah

China Tengah Disapu Angin Tornado

Melda Ridayana

Leave a Comment