gempa california
International News

Gempa Kembali Guncang California dengan Magnitudo 7.4

Gempa yang mengguncang wilayah California Selatan, Amerika Serikat, dengan magnitudo 7.1 terjadi pada hari Jumat malam (5/7). Gempa ini merupakan gempay kedua kali yang terjadi di wilayah ini, sebab sempat sehari sebelumnya terjadi gempa berkekuatan 6.4.

Dilaporkan gempa terakhir terjadi sekitar pukul 20.30 waktu setempat, sekitar 292 km dari Los Angeles, di Ridgecrest yang dekat dengan Taman Nasional Death Valley.

Lucy Jones, seorang seismolog dari Institut Teknologi California, berpendapat bahwa gempa bumi tersebut adalah gempa tersbesar setelah gepa berkekuatan sama yang terjadi pada tahun 1999 silam. Sedangkan pemadam kebakaran wilayah itu menuturkan bahwa gempa tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan.

“Rumah bergeser, pondasi retak, tembok penahannya runtuh,” kata Pemadam Kebakaran San Bernadino lewat akun Twitter. “Satu cedera (kecil) ditangani petugas pemadam kebakaran. Saat ini tidak ada kebutuhan yang tidak terpenuhi.”

Gempa dengan magnitudo 6.4 sebelumnya juga telah mengguncang wilayah tersebut pada hari Kamis pagi. Akibat bencana ini, sejumlah orang mengalami luka-luka dan dua rumah terbakar karena gas pipa yang bocor.

Menurut Badan Survei Geologi AS (USGS) bahwa gempa terbaru memiliki kekuatan 11 kali lebih besar jika dibandingkan dengan gempa sebelumnya. Akibatnya, layanan kereta api terhenti hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan, di Los Angeles.

Gempa yang terjadi pada hari Kamis itu bertepatan dengan Hari Kemerdekaan AS dan juga merupakan gempa terbesar yang mengguncang wilayah California Selatan sejak tahun 1994 silam. Gempa Northridge, yang berpusat di daerah padat penduduk Los Angeles, menewaskan 57 orang dan menyebabkan kerusakan bernilai miliaran dolar.

 

Related posts

Inggris Akan Melepaskan Kapal Tanker Iran Bersyarat

Rizki Amrulah

Ariel Winter Kelihatan Bagian Intim Ketika Asyk Bermain

Rizki Amrulah

Topan Hagibis Datang, Layanan Wifi Gratis Dari Jepang

Rizki Amrulah

Tersangka Tertangkap Polisi Akibat ‘Buang Angin’ Tak Sengaja

Rizki Amrulah

Film Disney ‘Mulan’ Menghadapi Boikot Di Korea

Rizki Amrulah

Pria Tewas Terseret Kereta Karena Tas Yang Digunakan Nyangkut Dikereta

Rizki Amrulah

Leave a Comment