Gel Pencegah Kebakaran Hutan Telah Dikembangkan
Teknologi

Gel Pencegah Kebakaran Hutan Telah Dikembangkan

Gel Pencegah Kebakaran Hutan Telah Dikembangkan Dan Dapat Menjadi Andalan Pemadam Kebakaran

Tidak hanya terjadi di Indonesia, kebakaran hutan telah terjadi diberbagai belahan dunia yang membuat sekarang telah dikembangkan sebuah gel untuk menjadi pencegah kebakaran hutan.

Sebelumnya juga telah banyak upaya upaya yang telah dilakukan untuk dapat mengatasi bencana tersebut. Akan tetapi usaha tersebut tidak berjalan dengan maksimal. Jika menggunakan penyemprotan air, sering kali air akan menguap dan meninggalkan api yang belum padam secara sepenuhnya.

Akan tetapi dengan adanya terobosan terbaru ini tampaknya dapat dijadikan salah satu andalan mereka untuk dapat mengurangi kebakaran hutan.

Gel Pencegah Kebakaran Hutan Telah Dikembangkan

Pemadam Kebakaran Hanya Terdiri Atas Air Yang Dapat Menguap Dan Dapat Menimbulkan Kebakaran Kembali

Eric Appel, seorang peneliti dari Stanford Universiti telah merancang sebuah cairan yang mirip gel. Cairan ini akan disemprotkan kepada alam yang dapat berefek berbulan bulan. Dengan adanya lapisan tersebut diharapkan jika kebakaran akan berkurang dan menjadi sebuah cara baru untuk dapat mengurangi kebakaran.

Appel menyatakan jika metode tersebut dapat menjadi sebuah solusi. Akan tetapi yang baru dilakukan ini hanya pemantauan terlebih dahulu dan menunggu hutan tebakar serta baru memadamkannya.

Untuk informasi, pada saat ini para petugas kebakaran masih menggunakan pemadam seperti APP yang dapat menghasilkan air. Permasalahan akan pemadam tersebut dikarenakan hanya bertahan sementara saja. Saat air tersebut menguap, maka akan ada potensi dari kebakaran untuk dapat terjadi kembali.

Gel Pencegah Kebakaran Hutan Telah Dikembangkan

Gel Pemadam Kebakaran Tidak Beracun Dan Telah Diuji Coba Di California

Akan tetapi, gel yang dikembangkan ini memiliki sifat yang lengket serta tahan api. Gel ini terbuat bahan nabati yang juga mengandung selulosa. Dapat diartikan jika bahan dapat bertahan dalam berbagai kondisi.

Appel juga mengatakan jika bahan tidak beracun dan dapat disemprotkan ke lingkungan menggunakan alat alat pertanian. Cairan juga telah diuji pada rumpit di Departemen Kehutanan Perlindungan Kebakaran California. Hasil yang didapatkan adalah gel memberikan perlindungan dari kebakaran dan bertahan setelah hujan.

Tak hanya mencegah kebakaran, dalam dosis besar, gel juga dapat di semprotkan langsung ke api.

Related posts

Google Memberikan Sertifikat Khusus Ponsel Gaming

Rizki Amrulah

Google Pixel 4 Sudah Resmi Meluncur

Rizki Amrulah

President Indonesia Mendukung Dibentuknya Bendungan Untuk Jakarta

Rizki Amrulah

Thailand Berkerjasama Dengan Korea Selatan Dalam Pengembangan Bus Listrik

Rizki Amrulah

Vivo iQoo Neo Dilengkapi Snapdragon 855

Rizki Amrulah

Transjakarta Uji Coba 2 Bus Listrik

Rizki Amrulah

Leave a Comment