International News

Jokowi Kembali Ke Jakarta Setelah Mengunjungi Malaysia & Singapura

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana dan rombongannya telah kembai ke Jakarta pada hari Jumat Sore yang lalu setelah mengunjungi Malaysia dan Singapura. Jokowi pergi ke Singapura untuk menghadiri sebuah selebrasi dari hari nasional Singapura atas undangan dari Prime Minister Singapura Lee Hsien Loong menurut staff media Presiden dan Media.

Lee Hsien Loong juga mengundang Prime Minister Malaysia Mahatir Mohamad dan juga Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah untuk menyaksikan parade nasional pada sore hari yang sama. Undangan yang di tujukan kepada Jokowi adalah sebuah penghargaan atas persahabatan antara negara Indonesia dan negara Singapura kata staff media Presiden dan kantor media.

Hubungan Indonesia Dengan Singapura Dan Malaysia

Kegiatan Jokowi Dan Rombongan Selama Di Malaysia

Sebelumnya, Jokowi bersiap siap berangkat untuk perjalanannya ke Malaysia bersama dengan sang Ibu Negara dan rombongannya menuju Singapura pada hari Jumat Sore. Selama kunjungannya ke Malaysia dan Singapura, Jokowi ditemani oleh Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi dan Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko.

Di Malaysia, Jokowi dan Mahatir mendiskusikan isu tentang perbatasan antar negara dan pekerja migran Indonesia. Permasalahan penting lainnya yang dibahas pada rapat kali ini adalah arahan dari Uni Eropa tentang minyak sawit yang dihasilkan oleh negara Indonesia dan Malaysia. Pada saat kunjungannya, Mahatir bertemu dengan Jokowi di Istana Bogor pada Kebun Raya Bogor. Pada pertemuan ini telah dibahas beberapa kasus antara lain seperti adanya usaha untuk megembangkan kedua perekonomian antar negara, lebih spesifiknya pada sektor pertukaran dan investasi.

Data Statistik 2017 Antara Hubungan Bilateral Indonesia Dan Malaysia

Data statistik menunjukkan jika pada tahun 2017, total pertukaran hubungan bilateral antar negara telah tercatat berada pada 17.2 milyar dollar Amerika, yang membuat Malaysia menjadi 7 partner perdagangan terbesar secara global dan urutan ke 3 yang menjadi partner dagang paling besar pada anggota negara ASEAN setelah Singapura dan Thailand. Pada tahun yang sama, total investasi Malaysia yang berada di Indonesia telah mencapai 1.2 milyar dollar Amerika. Dengan tambahan kooperasi ekonomomi, proteksi dari perlindungan warga negara Indonesia juga digaris bawahi oleh Indonesia setelah sekitar 2.5 juta jiwa penduduk Indonesia berkerja di Malaysia.

Related posts

Yuan Tiongkok jatuh ke level terlemah terhadap dolar sejak 2010

Rizki Amrulah

Pilot Jet Tempur Jatuh di Laut Utara Inggris yang Ditemukan Tewas

Rizki Amrulah

Kabar Mengenaskan 150 Dokter Italia Meninggal Akibat Corona

Rizki Amrulah

Victoria’s Secret mempekerjakan model transgender pertama setelah kritik

Rizki Amrulah

Amonium Nitrat Menjadi Penyebab Ledakan Lebanon

Melda Ridayana

Topan Krosa Akan Menerpa Jepang Barat

Rizki Amrulah

Leave a Comment