Cerita.co.id – Bosan dengan performa Honda PCX yang kurang greget? Bore-up bisa jadi solusi cerdas untuk meningkatkan tenaga tanpa drama!
Baca Juga
Dustin, pemilik bengkel Garage +62 di Jakarta Barat, menyarankan agar saat melakukan bore-up, tidak melangkah terlalu jauh dari spesifikasi standar. "Untuk penggunaan harian, dari 57mm ke 63mm, tenaganya akan terasa tetapi tidak terlalu ekstrem," ujar Dustin. Kapasitas mesin pun akan naik menjadi 183cc, sehingga masih nyaman untuk penggunaan sehari-hari maupun touring.
Ingin lebih bertenaga? Anda dapat meningkatkan kapasitas hingga 200cc dengan mempertahankan blok 63mm tetapi memperpanjang langkahnya. "Bore-up hingga 200cc tetap aman untuk penggunaan harian," kata Dustin.
Namun, ingat! Perawatan mesin akan lebih sering. "Jika biasanya oli diganti setiap 2.000 km, setelah bore-up bisa jadi setiap 1.000 km," tambah Dustin.
Jangan lupa, komponen pendukung lainnya juga perlu disesuaikan. "Penggantian ECU, bukan hanya injektor saja, penting agar mesin dapat disetel sesuai kebutuhan," jelas Dustin.
Paket bore-up mulai dari Rp 5 juta, mencakup blok dan piston dari bahan keramik, serta part pendukung lainnya seperti noken as untuk pengaturan durasi klep dan ECU.
Tinggalkan komentar