Badai Tropis Lekima
Nasional

BMKG Peringatkan Adanya Gelombang Pasang Tinggi Pada Masyarakat Yang Tinggal Di Daerah Tepi Pantai

BMKG telah mengeluarkan sebuah pernyataan peringatan kemungkinan terjadi sebuah gelombang yang sangat tinggi hingga pada hari selasa depan di beberapa wilayah diseluruh penjuru Indonesia. Adanya gelombang tinggi ini dikarenakan adanya badai tropis Lekima yang menghantam sisi timur Filipina di Samudra Pasifik.

BMKG mengingatkan warga yang tinggal pada daerah tepi pantai contohnya pada daerah perairan Samudra Hindia – Pulau Jawa – NTT, gelombang tinggi ini diperkirakan dapat mencapai ketinggian hingga 4 meter. Sementara itu gelombang pada perairan laut Jawa dan di Selatan Kalimantan, gelombang pasang akan terjadi sekitar ketinggian 2.5 meter.

Daerah Yang Akan Terkena Dampak Gelombang Tinggi

Pihak agensi dari BMKG mengingatkan kepada public pada press release pada hari Senin untuk berhati hati pada gelombang tinggi ini karena ketinggian gelombang akan berada di ketinggian dari 1.25 hingga 4 meter tingginya di beberapa tepi pantai Indonesia. Peringatan akan berlaku dari Senin kemarin hingga Selasa depan.

Badai Tropis Lekima

Penyebab Adanya Gelombang Tinggi

Pada bagian utara garis khatulistiwa, angin akan berhembus dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan sekitar 7.4 hingga 55.5 km / jam. Sedangkan pada bagian selatan garis khatulistiwa, angin akan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan rata ratanya yang sama. Kondisi tersebut menyebabkan penambahan tinggi dari ombak di beberapa lokasi.

Area yang pernah tercatat memiliki hembusan angin tertinggi adalah perairan selatan Selat Sunda, Selatan Banten, Arafura, Natuna Utara, serta perairan Pasifik di Utara Halmahera. Potensi gelombang tinggi di beberapa daerah memungkinkan adanya resiko bagi keselamatan maritim, menurut BMKG yang terdapat pada situsnya.

Related posts

Somasi Berdatangan Untuk Menkominfo Karena Internet Papua di Batasi

Melda Ridayana

Anies Baswedan Sampaikan PKL di CFD

Rizki Amrulah

PDP Corona Meninggal Bertambah Menjadi 11

Rizki Amrulah

Pengumuman Jokowi Tagihan Listrik Gratis 3 Bulan

Melda Ridayana

Kementerian menargetkan penyeberangan yang tidak resmi dan tidak dijaga, agar bisa mengatasi kurangya kecelakaan kereta api

Rizki Amrulah

Dua Rumah Ambruk Diduga Karena Proyek Saluran Air

Rizki Amrulah

Leave a Comment