dell
Teknologi

Industri Chip Tak Terlalu Merasakan Dampak Perang Dagang

Pada sektor semi-konduktor, perang dagang yang tengah terjadi antara Amerika Serikat (AS) dengan China tak memiliki dampak yang berarti ujar Ajit Manocha, CEO Asosiasi Industri Chip, Semi. Perang tarif impor yang kini terjadi hanya salah satu alasan kecil dari perlambatan yang terjadi pada industri semi-konduktor, ujat Ajit, kepada CNBC, pada Forum Ekonomi Dunia, di Dalin China, pada hari Senin (1/7).

Konflik perang dagang yang terjadi antara AS dengan China telah berlangsung selama satu tahun. Perang dagang tersebut membuat tarif impor sangat tinggi terhadap barang yang dikirim dari kedua negara tersebut. Perang dagang yang kini tengah terjadi menimbulkan rasa khawatir tehadap ekonomi dunia.

Meskipun begitu, prospek untuk industri semi-konduktor nampaknya tak terpengaruh oleh konflik tersebut, sebut Manocha. Ia menjelaskan, “Tarif tidak membuat industri melambat,”. Walaupun ia mengakui bahwa tahun 2019 bukanlah tahun yang baik untuk sektor semi-konduktor. Sebab, banyak pabrik yang kelebihan kapasitas.

“Sebagian besar pelemahan yang terjadi hari ini akibat (meningkatnya)harga memori […] Kemungkinan industri akan menanjak lagi pada awal 2020,” tambahnya. Ia jga mengatakan bahwa kecerdasan buatan akan semakin marak dan berkembang yang akan menjadi standar baru di era 5G, komputasi kuantum dan peralatan medis cerdas.

“Semua perangkat ini banyak menggunakan chip silikon,” jelasnya. Manocha mengatakan apabila AS terus menekan China, negara ekonomi terbesar di Asia itu tetap bisa melakukan bisnis dengan negara lain.

Pada sejumlah pertemuan dengan Kementerian Perdagangan AS sebelumnya, berbagai perusahaan semi-konduktor AS telah membujuk pemerintahan Trump, seperti yang ditulis South China Morning Post. Mereka mengatakan bahwa tindakan Trump terhadap China dapat membuat AS dianggap sebagai mitra bisnis yang tak dapat diandalkan. Sehingga dapat berdampak pada kergian besar secara global.

 

Related posts

Mi Watch Arloji Pintar Diproduksi Xiaomi

Rizki Amrulah

Tol Langit Telah Diresmikan Oleh Jokowi

Rizki Amrulah

Palapa Ring Diharapkan Dapat Memutuskan Ketimpangan

Rizki Amrulah

Produk iPhone 11 Dari Apple Sudah Resmi Meluncur

Rizki Amrulah

Versi Murah Samsung Galaxy Note 10

Rizki Amrulah

Toyota Memamerkan Robot Untuk Olimpiade 2020

Rizki Amrulah

Leave a Comment