Protes Napi Terkait Wajib Hapal 10 Surat Alquran Berujung Rusuh
Kriminal

Protes Napi Terkait Wajib Hapal 10 Surat Alquran Berujung Rusuh

Cerita.co.id, Jakarta – Dibeberkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM, penyebab kerusuhan pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Polewali Mandar dikarenakan ketidakpuasan narapidana terkait aturan wajib membaca Alquran sebagai syarat pembebasan bersyarat.

Aturan wajib membaca Alquran untuk napi yang beragana Islam yang mengikuti program pembebasan bersyarat tersebut diterapkan oleh Kepala Lapas Polewali Mandar, Haryoto yang saat ini sudah dinonaktifkan. Napi diwajibkan menghapal 10 surat yang terdapat dalam Alquran.

“Penyebabnya adalah ketidakpuasan warga binaan atas nama Muhammad alias Onggo, yang melakukan provokasi terhadap warga binaan lainnya sebagai reaksi dari kebijakan kalapas,” ucap Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Ade Kusmanto dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (25/6/2019).

Berdasar pada laporan pihak Lapas Polewali Mandar kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Onggo. Protes tersebut dikarenakan belum bisa bebas pasca memperoleh cuti bersyarat, sedangkan rekannya yang mendapat cuti bersyarat sudah bebas.

Protes tersebut berawal ketika apel sekitar pukul 07.00 WITA, Sabtu (22/6/2019). Salah seorang napi kemudian berteriak meminta para napi lain berkumpul di lapangan. Selanjutnya tidak lama seluruh napi berkumpul.

Pasca usulan bersyarat Onggo diteken sebagaimana arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi barat, situasi Lapas Polewali Mandar lebih terkendali. Hingga kini, kondisi Lapas Polewali Mandar sudah kembali kondusif.

Related posts

Wanita Disiram Air Keras Bukan Mahasiswi

Rizki Amrulah

Hantam Ibu Jogging di Batam Inilah Pengemudi Mobil ‘Terbang’

Rizki Amrulah

Telanjangi Busana Korban Usai Meracuni Minuman

Rizki Amrulah

Pemerkosaan Ibu Muda Tetangga Samping Rumah, Kabur 2 Pekan

Melda Ridayana

Bos Hotel Masuk Penjara Karena Nasi Goreng Istrinya

Rizki Amrulah

Polisi Mengungkap Prostitusi Anak Dibawah Umur Di Indonesia

Rizki Amrulah

Leave a Comment