Kepulangan ABK KM Aleluya
Nasional

Hilang Sejak 27 Juli, 9 Orang Nelayan Pulang Kembali

Kepulangan ABK Ditunggu Keluarga

Sekitar 9 orang ABK kapal motor Aleluya dapat selamat dan kembali ke rumahnya masing masing di Manado, Sulawesi Utara setelah mereka dianggap hilang dilaut Samudera Pasifik.

9 ABK yang bernama Elieser Manoka, Lesianus Baghiu, Jufri Lalele, Rival Frans, Rahmat Bakus, Musmal Wabiang, Alfi Frans, Jon Alpretson Manuahe, Rizky Rahim dapat selamat sampai rumahnya. 9 ABK ini adalah warga dari kota Bitung.

Pada hari Minggu lalu, kesembilan ABK ini tiba pada Bandar Udara Sam Ratulangi pada puku 12.07 dimana keluarga mereka serta Basarnas Manado menjemputnya. Pemulangan dari ABK ini dikawal oleh pihak Kemenlu RI.

Kepulangan ABK KM Aleluya

Pencarian ABK KM Aleluya Terkendala Cuaca

Gede Darmada sebagai kepala Basarnas Manado menjelaskan jika kejadian kapal hilang ini telah terjadi sejak 27 Juli silam. Hal ini dilaporkan karena kapal mengalami kerusakan mesin kemudian hilang kontak.

Hilangnya kapal KM Aleluya dikabarkan diterima oleh Basarnas 1 hari setelah kapal menghilang di perairan Sulut. Pencarian para ABK ini kira kira dilakukan kurang lebih dua minggu lamanya.

Pencarian terbilang lama karena adanya kendala dari cuaca yang kurang baik sehingga tim pencarian cenderung mengarah ke Pasifik. Setelah melakukan berhari hari pencarian, operasi pencarian KM Aleluya sendiri sempat dihentikan serta di tutup.

Kepulangan ABK KM Aleluya

ABK Ditemukan Tanggal 14 Dan 15 Agustus

Pada sekitar tanggal 14 Agustus lalu, Basarnas mendapatkan sebuah email dari kapa Kinseimaru jika mereka menyelamatkan salah satu anggota KM Aleluya yaitu Rahmat Bakus yang kemudian dibawa ke pelabuhan Naha di Jepang untuk proses evakuasi.

Tidak berhenti disitu, Basarnas tetap menelusuri dan meminta bantuan jika masih terdapat ABK yang tersisa di kapal dan tersesat di daerah Pasifik sehingga dibantu negara.

Pada tanggal 15 Agustus, 8 ABK dari KM Aleluya ditemukan oleh RRC Guam yang diserahkan kepada US Coast Guard yang kemudian dilakukan proses kepulangan para ABK.

Related posts

Sepertinya Jokowi Tidak Terbit Perppu KPK Hari Ini

Rizki Amrulah

Presiden Jokowi Marah 18 Juni Tapi Diunggah 28 Juni

Rizki Amrulah

DPRD Sahkan Anggaran Sebesar Rp 204 Miliar untuk Penaganan Corona

Rizki Amrulah

Seorang Pria Baru Belajar Mobil Menabrak Pemotor dan Sepeda

Melda Ridayana

Demo di FakFak Pembakaran Kios Terjadi TNI-Polri Turun Ke Lokasi

Melda Ridayana

Pemprov DKI Membangun Embung Bambu Apus

Rizki Amrulah

Leave a Comment