Jawa Barat
Nasional

Ridwan Kamil Usulkan 3 Lokasi Kepindahan Ibukota Jabar

3 Lokasi Wacana Muncul Pada Saat RTRW Jabar

Bersama dengan DRPD Jabar, Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat telah sepakat untuk mengkaji sebuah wacana atas pemindahan pusat dari pemerintahan serta ibukota dari Jawa Barat.

Dalam kesepakatan tersebut, Ridwan Kamil mengatakan jika wacana tersebut muncul pada saat dirinya menggelar sebuah rapat pembahasan Rencara Tata Ruang Wilayah untuk daerah Jawa Barat bersama dengan Pansus VII pada sekitar awal pekan lalu.

Kang Emil menyatakan pada Gedung Sate pada hari Kamis 29 Agustus 2019 jika pada saat RTRW Jabar kemarin sudah disahkan hingga 2029 dimana sudah terdapat rencana penataan atas jalur transportasi, serta persetujuan wacana pusat pemerintahan agar di kaji terlebih dahulu pada beberapa lokasi.

Jawa Barat

Tegalluar, Walini Serta Rebana Masih Menjadi Pertimbangan

Pada saat ini yang menjadi pertimbangan bagi Ridwan Kamil adalah Tegalluar di Bandung, Walini di Bandung Barat, serta sekitar wilayah Rebana di daerah Majalengka.

Tegalluar dan Walini menjadi salah satu pertimbangan karena daerah ini adalah sebuah wilayah yang masuk dalam kawasan yang sedang dalam pengembangan jalur kereta cepat menuju Jakarta, sementara Rebana adalah wilayah ekonomi yang baru dikembangkan.

Jawa Barat

3 Lokasi Usulan Memiliki Nilai Tersendiri

Jabar Herlas sebagai ketua Pansus VIII DRPD Jabar mengatakan jika 3 lokasi tersebut memang benar diusulkan sebagai ibukota baru Jabar, dan menurutnya 3 lokasi tersebut memiliki nilai positif dan negatif.

Lokasi Tegalluar yang memang dekat kota Bandung, daerah tersebut masih rawan banjir serta pergerakan tanah, dan daerah Wallini sendiri termasuk pada patahan lembang. Untuk daerah Majalengka sendiri memang tidak rawan bencana kata Herlas, akan tetapi apa dasarnya masih dibutuhkan kajian lebih lanjut lagi.

Related posts

Instagram mulai membiarkan pengguna melaporkan informasi yang salah

Rizki Amrulah

Jokowi Menunjuk Fadjroel Rachman Jadi Jubir

Rizki Amrulah

Viral Pria Mabuk di Kalsel Mengacungkan Pisau dan Membuat Resah

Rizki Amrulah

Ternyata Bos Wedding Organizer Penipu Seorang Wanita Cianjur

Rizki Amrulah

Upacara Sertijab Prabowo Subianto Menhan Cek Pasukan

Rizki Amrulah

Spanduk Mengenai Anies Mulai Bermunculan di Jakarta Pusat

Melda Ridayana

Leave a Comment